Lessons Learnt – Weakness 1

Sekelumit pendapat saya tentang SWOT enjineer Indonesia berdasarkan pengamatan pribadi selama 15 tahun berkecimpung di dunia konsultasi engineering.

I know what I’m doing

Pemahaman kita tentang apa yang sedang kita kerjakan sangat vital dalam kesuksesan suatu proyek dan kesuksesan pribadi. Ini rasanya sangat simpel tapi penting sekali. Di dalam beberapa kesempatan proyek, kadang kala ditemui banyak masalah dengan enjiner kita karena mereka kurang memahami apa yang sedang mereka kerjakan. Hal ini tidak berarti mereka tidak dapat bekerja, namun mereka hanya sebatas bekerja – tanpa lebih jauh memahami apa yang sedang dikerjakan. Produk dari pekerjaan seperti ini adalah ketidaksinkronan antara apa yang diminta dan apa yang dihasilkan, dan keterlambatan penyelesaian proyek.

Untuk mensiasatinya, salah satu cara yang umum dilakukan adalah membuat dot point (list) apa yang sedang dan akan dikerjakan dan dikomunikasikan dengan rekan se-team dan atasan. Dengan demikian apa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diminta, dan setidaknya kita sudah berusaha – dan atasan kita tahu bahwa kita berusaha – mengerjakan sesuatu yang kita pahami.

Cag, 9-3-9, 9:43pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s