Dunia Pertemanan Facebook – Request, approve, ignore

Saya pernah mendapatkan message dari teman SMP yang menanyakan apakah si Fulan yang mengirimkan friend request kepadanya adalah benar temanku karena melihat bahwa saya termasuk mutual friendnya. Saya menghargai pertanyaan seperti itu karena langkah tersebut menurut saya bijaksana dan patut ditiru.

Di tengah maraknya penggunaan facebook, marak juga penyalahgunaan data-data pribadi di dalam account seseorang. Selain itu, saya juga melihat kecenderungan orang untuk menambah teman secara tak terkendali, dengan maksud asal mendapatkan banyak teman, tanpa diikuti dengan aktivitas pertemanan itu sendiri.

Saya pernah dibuat terkejut setelah melihat friend list-nya seorang teman SMA penuh dengan teman-teman saya juga, yang saya yakin sebelumnya mereka saling tidak mengenal satu sama lain. Setelah dicoba ditelusuri, saya tahu bahwa mereka melihat friend list-nya saya dan kemudian add friend teman-temanku yang diinginkan sebagai friend. Semuanya dilakukan awalnya dengan coba-coba, istilahnya ya add saya secara acak, dan biarkan saja, siapa tahu di-approve.

Jika kemudian approval friend itu berlanjut dengan pertemana beneran, dalam arti terjadinya komunikasi, ya bagus-bagus saja. Namun umumnya itu dilakukan untuk menambah teman saja, setidaknya mereka mengetahui aktifitas yang dilakukan teman-teman barunya itu dan mempunyai akses terhadap foto-foto pribadinya.

Dari alasan itulah, saya melihat meminta konfirmasi dari mutual friend, seperti yang dilakukan teman saya itu, adalah suatu langkah yang tepat. Dan jika informasi tersebut meyakinkan dia untuk menolak friend request tersebut maka lakukanlah, ignore saja request tersebut. Jangan terlalu banyak dipikirkan. Seperti diutarakan seorang teman dekat, invote, add friend, joing group, approve atau ignore adalah sesuatu hal yang biasa di dunia per-facebookan.

Jadi, jangan sungkan dan mempunyai perasaan tidak enak untuk meng-ignore friend request, karena itu hak kita dan kita tahu yang terbaik bagi diri sendiri.

Cag, 30-03-09, 6:20pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s