PE’JANTAN – Buat Kang Asep

Kang Asep,

Saya setuju dengan pendapat Kang Asep di Notesnya hari ini. Kita harus membudayakan sikap jantan dalam mengemban tanggung jawab. Jangan asal “Jantan” dalam penampilan saja, namun dalam segala tingkah laku dan perbuatan yang dilakukan.

Mungkin para pemimpin belum sadar betul bahwa sebagai pemimpin harus mempertanggungjawabkan tugas yang diembannya. Atau begitu nikmatnya kursi jabatan sehingga membuat lupa yang mendudukinya. Padahal jabatan adalah amanah.

“Untung karenaku, buntung sebabmu”. Menarik sekali ucapan ini Kang. Kalo diperhatikan (istilah sunda mah dilenyepan), seperti inilah yang terjadi selama ini di negara kita. Segala keberhasilan digembar-gemborkan sebagai keberhasilan pribadi, sedangkan kegagalan adalah karena “faktor” luar.

Apakah ini lantas berarti kebalikan dari ucapan itu yang perlu kita budayakan: “Untung karena kalian, gagal karenaku”. Indah bukan kalau ini terjadi. Namun untuk saat sekarang sepertinya lebih fair jika kita mulai setahap demi setahap mengukur bahwa “Untung karena KITAbersama, gagal karena KITA bersama”. Maklum manusia umumnya tidak mau disalahkan.

Rasanya indah jika kita mendengar seorang pejabat berbicara – seperti di kampanye Pemilu ini: “Semua keberhasilan yang terjadi sekarang ini adalah keberhasilan kita semua, terutama Anda, karena pada dasarnya saya hanya mengemban tugas sebagai pemimpin. dan kegagalan ini – meskipun bisa diinvestigasi siapa yang salah – adalah kegagalanku karena akulah yang bertanggung jawab”.

Mungkin itu yang disebut Pe”JANTAN” tangguh. Sanes kitu Kang.

Cag, 01-04-09, 7:31am

A leader must have the courage to carry responsibilities

When you blame others, you give up your power to change

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s