ada yang hilang di Lebaran ini

Lebaran tahun ini masih saja terasa ada yang hilang, yang sepertinya sudah hilang cukup lama. Kehilangan yang kadang merindukan. Apa yang hilang itu? 

Sebuah ucapan Selamat Lebaran, ditulis tangan pengirimnya, dengan reka kata-kata yang mengena dan indah, di atas kartu pilihan atau bahkan kartu hasil kreasi pribadi, dengan sedikit wewangian (jika itu dari seseorang yang mempunyai perasaan tertentu terhadap kita) atau daun-daun kering sebagai pemanis, dimasukkan ke dalam amplop bersih berhiaskan perangko baru, cocok dijadikan koleksi filateli, dengan cap stempel (dilakukan petugas kantor pos dengan cap bertangkai yang dipukulkan ke atas amplop) dan diantarkan Pak Pos dengan topi khasnya, baik itu menggunakan sepeda tua merk Raleigh atau memakai motor Kawasaki dengan suara yang khas.

Konon saat itu, kita suka menunggu derungan motor, dering bel sepeda atau teriak ‘Poooossss…’, dan akan merasa teramat bahagia menerima banyak sekali surat dari sahabat, kerabat, handai taulan atau seseorang yang sedang berada di hati dan pikiran. Atau justru dari seseorang yang tidak kita tahu yang menaruh hati atau secret admirer.

Saat itu ada geliat rasa, sentuhan pribadi – personal, dan kata ‘Maaf’ yang dicantumkan pun lebih mengena dan bermakna. Saat itu kreatifitas anak manusia bermunculan. Pelajaran Sastra Indonesia menemukan artinya, dengan larik-larik puitis berrima ataupun tidak. Setiap orang, laki perempuan, mendadak romantis dan kadang melankolis. Dan seyogyanya itu bagus secara psikologis. Dan bagus untuk mengolah rasa … dan jiwa

Lebih lima tahun sudah saya tidak menerima sepucuk kartu lebaran pun, melalui Pak Pos. Padahal temanku banyak. Tiga ratus empat. Amat banyak. Terhitung jelas. Semua lewat dunia maya. Silaturahim tetap terjalin, meski di dunia maya. Ucapan maaf Lebaran pun tetap mengalir, juga di jagat maya. Tapi tetap saja serasa ada yang hilang.

Bagaimana dengan Anda?

Cag, 19 Sept 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s