Indonesia Siapkan Evakuasi – Saatnya Berpikir Positif

Satu judul itu ditemui di halaman dalam sebuah harian, yang menceritakan instruksi presiden kepada jajarannya untuk menyelamatkan WNI yang terjebak di kerumitan Mesir. Judul yang cukup menyegarkan bagi saya pribadi, setelah melihat bagaimana kedodorannya pemerintah dalam memenuhi apa yang rakyat butuhkan. Penyegaran juga di tengah keraguan rakyat akan tipe kepemimpinan yang penuh keraguan, dan terkadang dipersepsikan sebagai takut mengambil resiko.

Saya berpikir akan lebih bagus ya jika media pun berlaku netral, dan menurunkan artikel atau reportase itu di halaman terdepan. Saya bukan orang partai, dan bukan pemuja SBY. Saya hanya rakyat biasa yang setidaknya ingin mendapatkan sesuatu yang berarti, positif dan membanggakan saya sebagai anak bangsa, karena saya sadari saya selama ini disuguhi bejibunnya berita-berita kenyataan-kenyataan hiudp yang negatif. (Memang mungkin yang negatif ini lebih laku untuk dijual). Setidaknya dengan memuat artikel segar seperti ini – dan juga keberhasilan-keberhasilan aparat atau institusi pemerintah yang jujur, akan bisa membuat hati adem, dan pikiran lebih jernih berpikir: “ternyata, masih ada sesuatu yang benar”.

Sesuatu berita keberhasilan, kejujuran atau berita baik secara umum, akan bisa memberikan setitik manfaat bagi kita. Jangan sampai terjadi seperti yang pernah saya alami, dari halaman satu sampai halaman dalam – sebanyak dua belas, tersaji berita kebobrokan negeri ini dan penyalahgunaan segala kuasa. Sedikit, amat sedikit berita baik muncul. Jika kita membaca berita yang negatif dari hari ke hari secara terus menerus, media mungkin turut memberi andil sehingga rakyat berkata: “kita tidak punya pemerintahan” atau “malu aku sebagai bangsa Indonesia” atau bahkan “ngapain jadi orang baik, mana ada orang baik di negara kita”.

Mari yok, kita mulai cari dan ekspose kebaikan-kebaikan di sekeliling: pemerintah, warga, institusi bahkan aparat – karena saya yakin masih banyak yang berhati jernih di luar sana. Mari juga kita berusaha mengkonter image negatif sewajarnya, seperti “tuh kan, ternyata yang banjir tidak hanya negara kita, australia, malaysia juga banjir”, “lha jangan hanya ngejek Indonesia pelaku pembakaran, lha di Amrik sana saja hutan terbakar parah, malah di Australia katanya dibakar orang”, “biarin saja universitas kita tidak dikategorikan top, tuh yang menang olimpiade sain di turki siapa”.

Mari yok, kita cari kebaikan-kebaikan untuk kita banggakan, dan mencambuk kita untuk melakukan kebaikan lainnya. Yok kita imbangi berita-berita negatif dengan berita positif – bukan mengganti, tetapi mengimbangi.

Maaf, sekali lagi. Saya bukan orang partai dan orang politik. Gitu gan.

Cag, 1 february 2011

..karena kebaikan akan berbuah kebaikan ….

Disclaimer – http://www.aurecongroup.com/apac/disclaimer/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s