Tak Butuh Bombastis untuk Muncul di Headline Kompasiana

1297427559835615967

Jam sepuluh teng malam, tanggal 9 Februari 2011, setelah menemani istriku menidurkan si kecil, saya buka kompasiana, laman yang menjadi akrab dalam dua minggu terakhir. Bukan!! Bukan akrab karena saya tertarik tulisan EA. Cukuplah saya capek beremosi karena macet atau pusing kerjaan. Saya tertarik kompasiana karena hanya ingin tahu sejauh mana tulisan saya bisa dibaca orang.

Mengagetkan. Jam sepuluh dua puluh, berarti 4 jam 20 menit dari saat posting, sudah ada catatan rekor tersendiri bagiku:

  • 573 pembaca
  • 9 komentar
  • 2 jempol aktual
  • 3 tweet share
  • 19 facebook share
  • dan berada di headline kompasiana – di nomor satu lagi

Sebagai seorang penulis pemula, catatan itu bagi saya sendiri mencengangkan. Dan saya bangga akan hal itu. (Bukan suatu hal yang sombong jika saya bangga, karena saya harus mengapresiasi diri toh). Bukankah banyak orang masuk menjadi kompasianer mempunyai kebanggaan jika tulisannya dibaca ratusan orang?

Dan saya buktikan itu, tanpa harus membuat judul yang membuat marah, memerahkan kuping, membuat dada serasa meledak. Saya buktikan tulisan yang nyambung antara judul dan isi. Saya buktikan dengan topik yang hangat, analisa sederhana. Tulisan yang saya ingin pembacanya dengan santai menengok, mengangguk atau menggeleng dengan wajar tapi di ujungnya ada sedikit komentar: “hm… bener juga ya”. Tulisan yang sedikitnya bisa memberi penyadaran sosial dalam irama kesejukan. (Baca kata “sejuk” saja sudah enak ya…).

Padahal tidak ada yang tahu kan, jika saya membaca berita mengenai Pak Agus Menkeu itu malam sebelumnya sewaktu naik ojek, dan saya memulai menulis sewaktu pergi kantor di dalam gerbong kereta, dan menyambungnya di toilet kantor pada saat ritual rutin pagi sebelum mulai kerja, dan menyelesaikannya – serta menset posting jam 18.00 – pada saat jam makan siang.

Mudah-mudahan tulisan (atau tulisan-tulisan) saya bisa bermanfaat. Insya Allah saya akan teruskan menulis, agar saya bisa sharing kebaikan-kebaikan yang saya temui, karena saya yakin kebaikan akan berbuah kebaikan lainnya.

Cag ah, 9 February 2011

nah, saat saya upload tulisan ini, pembacanya sudah mencapai 1100 an dengan facebook share lebih dari 30-an. Hmm…. gak nyangka banget

Disclaimer – http://www.aurecongroup.com/apac/disclaimer/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s