Yang Unik dari Masjid Rest Area 19

Sesiapa yang berkendara ke Bandung melewati jalan tol Cikampek, biasanya akan memilih rest area yang nyaman. Bagi muslim, khususnya bagi saya, rest area 57 selalu jadi pilihan mengingat terdapat mesjid yang representative. Km19? Selalu dilewat. Lha wong gak ada mesjid. 

Really??

Memang sih, tidak terlihat minaret / menara masjid atau kubahnya di rest area ini. Tapi tunggu dulu. Lihatlah tangga yang tidak terlalu lebar di dua sisi di area sekitar ATM. Naiklah tangga itu. Dan tada….., temuilah mesjid Darussalam yang di luar dugaan. 

Meski jalan masuknya berupa tangga tidak terlalu lebar, kedua tangga khusus pria di kiri dan wanita di kanan ini bertemu menjadi tangga lebar. Menyelesaikan tahapan tangga terakhir, kita disambut pintu masuk masjid. 


Karpet merah lalu memanjakan mata jamaah yang masuk. Tebal lagi, membuat nyaman. Pengatur udara berfungsi bagus, bisa mengademkan udara luar yang panas membara 😁


Selesai bermasbuk, ikutan salat berjamah yang sudah ada, saya coba berkeliling. Ruangan utama mesjid ini terhitung luas, sehingga bisa dipakai salat Jum’at. Mihrab kecilnya berisi mimbar saja. Simpel. Sayang, pandangan jamaah belakang saat khutbah sepertinya akan tergganggu oleh beberapa buah kolom tipis yang ada di depannya. 

Yang paling menarik dari mesjid ini adalah tidak adanya orang yang tiduran di dalam mesjid. Betul, dalam mesjid bersih. 

Eh, ternyata pihak pengelola mesjid membuat satu area khusus bagi jamaah untuk beristirahat. 

2 thoughts on “Yang Unik dari Masjid Rest Area 19

  1. wah barang-barang yang ketinggalan banyak juga ya,,, keren nih sampai dipajang begitu… bisa jadi contoh buat masjid masjid lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s